Langsung ke konten utama

MENJADI MASTER SEO TERHEBAT

MENJADI MASTER SEO TERHEBAT

Membuat blog yang disukai mesin pencari google yang nice web adalah blog yang banyak memberi Informasi kepada para pengunjung, mereka akan mencari cari sesuatu yang mereka butuhkan, untuk itu blog yang dibangun yang memuat artikel artikel haruslah adanya saling terkait antara artikel yang satu dengan artikel yang lainnya, untuk itu setiap satu halaman artikel harus dibuat link dengan halaman artikel lain, juga perlu pemberian kata kunci yang  berguna untuk mendukung bagi mesin pencari google agar blog dapat mudah dan cepat terpampang di halaman pertama pencarian google, pemakaian kata kunci pada artikel bisa dicontohkan pemakaian kalimat seperti ini: Produk atau karya ini sudah terbukti bagus selama tiga tahun setengah, tetapi bukan tiga setengah tahun lamanya, Tulisan kalimat dengan rangkaian kata, pestA dengan Apes, rangkA dengan Arangk, dare dengan edar, Tuhan dengan hanTu, dan sebagainya, sebab kata atau kalimat beginilah kata yang bisa berputar "word spin" yang disukai mesin pencari google. Perancangan suatu kata seperti "Tuhan" di setiap halaman ganjil web dan kata "hanTu" di setiap halaman genap, lalu kata Tuhan-hantu- ... ini diseluruh halaman web dibuatkan programnya agar bagaimana bisa terwujud "Word Spin Program" untuk memudahkan mesin pencari Google menampilkan website kita ada di halaman pertama pencarian.
Ada lagi hal lain yang pokok untuk membuat suatu blog dapat terpampang diurutan teratas atau di halaman pertama pencarian google adalah sebagai berikut:

1. Tentukan tema atau topik blog – sebelum blog kita buat, tentukanlah topik utama yang akan kita usung, karena nantinya akan menjadi judul blog yang kemudian dijabarkan menjadi deskripsi blog. Tentunya topik ini juga relevan dengan website kita secara keseluruhan dengan tampilan wajahnya (front side) yang bagus.
2. Riset kata kunci / keyword (KW) – lakukanlah ini dahulu ketika hendak menulis blog, kemudian ada baiknya jangan terlalu ingin mengejar keyword yang potensi trafiknya besar. Mulailah dari yang potensinya kecil, yang penting kita harus memahami prinsip kerjanya. Kalau sudah bisa muncul di hasil pencarian dengan keyword yang ringan, barulah kita tingkatkan dengan menggunakan keyword yang persaingannya berat. Prinsipnya, yang penting bisa muncul di hasil pencarian dulu, pakai keyword yang ringan tidak masalah.
3. Posting yang relevan – dan buatlah konten yang berkualitas. Bikin konten yang unik dan bermanfaat, tapi jangan keluar dari topik utama blog. Lalu buat link antar halaman, jadi antar halaman saling mempromosikan. Kalau banyak halaman yang dibaca pengunjung maka blog dianggap berkualitas.
4. Persiapkan SEO ON-PAGE – contohnya seperti mengoptimalkan penggunaan kata kunci di bagian Meta Title, Meta Deskripsi, dst, sesuai hasil analisa keyword.
5. Indexing – sambil menunggu postingan Anda masuk di Google, Anda bisa share ke social media supaya postingan tersebut lebih cepat terindex oleh Google.
6. Lakukan SEO OFF-PAGE – contohnya bisa menggunakan pola backlink commenting, backlink wheel / piramida, submit ke social bookmark, dst.
Kalau saya boleh bilang, 6 langkah tersebut merupakan intisari dari upaya SEO basic.  bagi pemula. Yang agak berat adalah di persoalan penulisan artikel yang menarik dan bisa menjual (mendatangkan uang), sekaligus GOOGLE FRIENDLY supaya mudah ditemukan oleh GOOGLE. Karena bagaimanapun juga, membangun blog membutuhkan tekad yang kuat untuk menulis.
Berbagai materi yang ditawarkan dan diajarkan oleh para ahli SEO dan pakar Web/blog, optimasi website dalam kelas pembelajaran SEO harus dikuasai seperti berikut ini: 

1) Materi Riset Online, yang berisikan metode tentang Pemetaan Internet Marketing dan bagaimana langkah awal belajar internet marketing; kemudian materi yang berisi tentang cara meriset kata kunci yang sesuai dengan produk masing-masing, sehingga nantinya akan sangat mudah untuk menembus halaman 1 google; materi yang berisi tentang cara mencari kota target dan peluang kata kunci yang minim kompetitor namun pangsa pasar sangat terbuka lebar; materi berisi tentang cara menentukan ribuan kata kunci target sesuai dengan produk masing-masing. 

2) Materi Facebook Marketing yang berisi tentang bagaimana membuat akun profil facebook dengan metode yang sederhana namun berdaya guna; materi yang berisi tentang bagaimana cara mendapatkan teman tertarget sebanyak 5000 pertemanan; kemudian materi yang berisi bagaimana cara membuat fanpage yang bisa langsung menembus halaman 1 google; dan bagaimana fanpage bisa mendominasi facebook dan google. 


3) Materi Fb Ads untuk pemula yang berisi materi tentang: a) Mindset iklan di FB ADS; b) Teknik penggunaan copywriting dalam fb ads untuk konten viral; c) Praktek membuat akun iklan fb ads yang aman; d) membuat fanpage untuk fb ads; e) teknik maupun teknis Riset Audiense untuk FB ADS; f) cara memahami Struktur FB Ads; g) Praktek iklan engagement; h) praktek iklan traffic click to website; i) praktek iklan Traffic click to WA; j) praktek iklan Traffic Canvas click to WA; k) praktek iklan lead generation; l) praktek Retargeting seperti mempelajari costume audiense, looklike audiense, pixel audience. 


4) Materi Youtube Marketing yang terdiri dari : a) trik untuk menguasai seluruh halaman youtube; b) duplikasi ribuan video hanya hitungan per menit; c) cara upload otomatis video youtube, bisa sambil ditinggal bekerja ataupun tidur; d) teknik mempelajari isi judul, deskripsi dan tag hanya sekali klik. 


5) Materi Instagram Marketing yang terdiri dari: a) trik membidik dan menguasai pencarian instagram; b) mencari followers tertarget sebanyak mungkin; c) menguasai ke-9 top post; d) trik mendapatkan like hingga ribuan. 


6) Materi Google Dominasi yang terdiri dari: a) trik untuk memanfaatkan media gratisan (Kumparan, My map, hubdocker, medium, wattpad, tumblr, linked In, dan lain sebagainya) untuk menguasai seluruh halaman google; b) trik membuat kata kunci sesuai dengan kota target tertentu. 


7) Materi Auto Blogspot dengan materi: a) membuat habitat ribuan blog hanya dengan 1 klik; b) melakukan auto post bogspot hanya dengan 1 klik; c) membuat ribuan konten/artikel dengan variasi kata kunci (keyword), kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi maupun negara; d) trik masuk halaman 1 google melalui blogspot; e) membuat blog dengan keyword tertentu yang disukai google. 


8) Materi Market Place Olx yang terdiri dari: a) trik membuat judul dan artikel hingga ribuan dengan teknik sederhana; b) mempelajari tentang isi judul dan deskripsi hanya dengan 1 klik, bisa ditinggal bekerja atau tidur; c) trik cara menembus moderasi di olx; d) trik iklan diterima hingga ratusan di olx. 


9) Materi SEO Basic yang berisi pembelajaran tentang: a) bagaimana cara membuat web atau blog yang cepat masuk halaman 1 google; b) trik memasukan judul dan tagline/deskripsi di web/blog yang disukai google; c) cara mendaftarkan web/blog ke google webmaster tools; d) mindset SEO untuk pemula; e) cara tentang bagaimana teknik meriset kata kunci yang mini kompetitor namun pangsa pasar nya terbuka luas, sehingga persaingan sedikit di dunia SEO. 


10) Materi SEO Advance yang materinya terdiri dari: a) cara mengenal berbagai macam sumber backlink; b) cara mencari backlink yang diakui google (webmaster tools); c) teknik mencari dan mencontek backlink dari kompetitor; d) cara membuat backlink yang tidak bisa ditiru kompetitor; e) cara mengevaluasi hasil backlink dengan google webmaster tools; dan f) cara tentang bagaimana membuat artikel yang disukai google dan mudah masuk halaman 1 google maupun search engine lainnya.



PERALATAN/TOOLS YANG DIBUTUHKAN DALAM MEMBUAT WEB/BLOG RANCANGAN SENDIRI.

Membuat Web/blog rancangan sendiri tidaklah sukar, Ibarat membuat suatu jenis kue maka diperlukan alat-alat, bahan-bahan, takaran bahan, dan orang siapa si pembuat kue tersebut. Begitu juga membuat web/blog membutuhkan peralatan/Tools yang diperlukan yaitu ada 3 tapi 4 alat (3 tools yang sama, 1 tool yang beda) yaitu;


Tiga Tools yang sama dalam satu kesatuan, yaitu:
1. Applikasi/software KODE EDITOR
2. Applikasi/software WEB SERVER
3. Applikasi/software DATABASE SERVER
Satu Tool yang beda yaitu :
4. Applikasi BAHASA PEMOGRAMAN.
Ada banyak jenis applikasi BAHASA PEMOGRAMAN, kita pilih yang terbaik saja sesuai kebutuhan tujuan pembuatan web. Untuk menguasai bahasa pemograman sebaiknya pertama tama harus memahami dan menguasai applikasi HTML-CSS lebih dahulu,  HTML-CSS ini bisa terintegrasi dengan JAVA SCRIPT,  juga HTML-CSS bisa terintegrasi dengan PHP, lalu applikasi bahasa pemograman lainnya yang perlu dikuasai adalah GO-LANG, PHYTON dan JAVA. Dalam proses programming, applikasi  BAHASA PEMOGRAMAN (seperti HTML-CSS, JAVA SCRIPT, PHP, dll) ini berada di sisi FRONT-END. 

Dan ada Satu Tool lagi yang Universal untuk melengkapi keseluruhan Tools, yaitu:
5. Applikasi/software WEB BROWSER
Ada banyak jenis applikasi Web Browser, kita pilih yang terbaik yaitu GOOGLE CHROME.
Ke-lima tools ini harus dipasangkan/diinstal ke dalam folder komputer:


KODE EDITOR

Kode Editor adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat kode-kode program web atau blog. Ada banyak jenis applikasi/software KODE EDITOR, kita ambil yang terbaik yaitu applikasi VISUAL STUDIO CODE dan SUBLIME TEXT lalu kedua applikasi ini di download dan diinstal ke folder C:/.  Sedangkan default aplikasi Code Editor ini adalah NOTEPAD yang sudah terpasang ditanam di dalam Windows komputer, jadi Notepad ini tidak perlu lagi diinstal. Dalam proses programming VISUAL STUDIO CODE maupun KODE EDITOR lainnya ini berada di sisi BACK-END. 

VISUAL STUDIO CODE, atau SUBLIME TEXT ini dapat didownload secara bebas di

https://code.visualstudio.com/docs/?dv=win
https://www.sublimetext.com


WEB SERVER

Ada banyak jenis applikasi/software WEB SERVER, kita ambil yang terbaik  saja yaitu applikasi XAMPP, atau WAMP SERVER,  atau IIS, atau AMPPS. lalu applikasi Web Server ini di download dan diinstal ke folder C:/.   Dalam proses programming XAMPP  atau WEB SERVER lainnya ini berada di sisi FRONT-END.

XAMPP merupakan singkatan dari Cross-Platform (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P) dan Perl (P), sebuah aplikasi ringan yang berfungsi sebagai media webserver berupa apache dan juga database server yaitu mysql yang digunakan untuk pengetesan aplikasi/website pada komputer lokal. XAMPP saat ini sudah support maria DB. Jenis penggunaannya selain menggunakan installer dapat bersifat portable, folder xampp tersebut dapat dijalankan dengan menggunakan XAMPP Control. XAMPP control ini ada di file yang berfungsi untuk mengelola dan melakukan konfigurasi berbagai fungsi, misal install service, edit config, dan setting default editor.
Bagaimana cara memulainya?
XAMPP ini dapat didownload secara bebas di
kemudian klik menu download untuk memilih jenis os dan versi dari PHP maupun MYSQL. Selain windwos, xampp juga support untuk linux dan macOs. Anda bisa memilih versinya sesuai dengan os yang anda gunakan. 
Selain webserver, anda juga dapat menggunakan tambahan fasilitas untuk instalasi aplikasi yang akan dipakai yaitu Add-Ons, dari pilihan tampilan scroll kebawah dan kita akan mendapatkan keterangan mengenai add-ons tersebut. Aplikasi ini berupa installer misalnya WordPress, joomla drupal, Magento dan lain-lain.
Setelah di download, buka folder tempat file installer disimpan, klik 2 kali untuk memulai instalasi XAMPP. Kemudian ikuti perintah-perintah yang muncul pada halaman jendela installer.
pada gambar diatas terdapat jenis server dan bahasa pemrograman mana yang akan dipasangkan pada komputer anda, jika membutuhkan semuanya ceklist pada checkbox tersebut, kemudian tekan Next. Maka akan muncul pemilihan drive dimana file xampp akan disimpan, saran penulis adalah simpanlah di driver D: ataupun yang lainnya. Jangan disimpan di C: karerna nanti anda akan kesulitan ketika komputer error dan harus diinstall ulang.
kemudian tekan tombol next > unchecklist Bitnami info > Next. Dan proses instalasi akan dimulai. Tunggu hingga instalasi selesai dilakukan. Setelah selesai anda akan ditawarkan untuk running XAMPP Control. Terdapat tombol khusus pada masing-masing tools. Untuk memulai menjalankan apache dan mysql, klik tombol Start pada fungsi Apache dan Mysql. Jika fungsi sudah berhasil dijalankan, maka Tulisan akan berubah warna menjadi hijau.
Pada gambar diatas, dapat dilihat bahwa fungsi Apache dan Mysql sudah dapat berjalan dengan baik, terdapat beberapa fungsi lainnya, yaitu Filezilla, Mercury dan Tomcat. Selain itu terdapat juga tools lainnya, yaitu untuk konfigurasi dari fungsi-fungsi yang ada, shell, hingga membuka halaman Services.
Untuk Module Service, ini berarti kita memasangkan fungsi tersebut kedalam services operating sistem, dimana fingsi tersebut akan terus berjalan secara otomatis pada operating sistem anda.
Untuk mencoba apakah xampp sudah berjalan dengan baik. Silahkan buka web browser kesukaan kita seperti GOOGLE CHROME, dan kemudian silahkan ketik pada address bar:

LOCALHOST < INI UNTUK HALAMAN WEBSERVER

dan

localhost/phpmyadmin < ini untuk membuka halaman mysql database
pada gambar diatas, web browser sudah dapat menampilkan kedua halaman tersebut. Yaitu halaman utama website data dan halaman administrator Mysql. Sampai di sini kita sudah dapat memulai membangun atau development website.
Perlu diingat, file web berada di folder:
XAMPP/htdocs
folder ini adalah tempat dimana kita membuat program/website, setiap folder yang dibuat adalah nama website misalkan
XAMPP/htdocs/rhielwebsite
maka pada web browser url yang harus diinput adalah:
localhost/rhielwebsite
dan file database nya berada di halaman
XAMPP/mysql/data
berbeda dengan penyimpanan data website, pada mysql kita harus membuat database dan table-nya di halaman administrator mysql, maka setiap database dan table yang dibuat akan muncul pada folder mysql/data.

XAMPP TIDAK MAU BERJALAN ?
Kadang kala bila kita sudah menginstal XAMPP ke komputer, xampp tidak bisa berjalan dengan baik, hal ini disebabkan oleh port yang sudah terpakai, ini terjadi karena ada aplikasi lain yang menggunakan port yang sama dengan aplikasi Apache XAMPP ini sehingga tidak memungkinkan untuk menjalankannya secara bersamaan.
Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum mengganti jalur port bagi XAMPP, ada baiknya pakai layanan WINDOWS SERVICE yang di PANEL CONTROL, diSERVICE kita bisa men-start XAMPP agar bisa berfungsi kembali.
Selanjutnya bila harus, solusi yang bisa kita lakukan adalah dengan merubah settingan port Apache XAMPP kita supaya bisa tetap running.
Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Lakukan perubahan pada file httpd.conf 
  2. Buka file httpd.conf di folder C:\xampp\apache\conf\ dengan menggunakan aplikasi notepad.
  3. Cari kata “Listen 80” dan ubahlah menjadi “Listen 8080“.
  4. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:80” kemudian ubahlah menjadi “ServerNamelocalhost:8080“.
  5. Lalu Simpan.
  6. Selanjutnya, buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\.
  7. Carilah kata “Listen 443” dan ubah menjadi “Listen 4499“.
  8. Masih di file yang sama, dan carilah kata “virtualhost_default_:443” kemudian ubahlah menjadi “virtualhost_default_:4499
  9. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:443” dan ubahlah menjadi “ServerName localhost:4499
  10. Sekarang jalankan XAMPP Contol Panel, lalu klik Start pada Apache. Jika muncul peringatan di kotak detail bagian bawah “Apache started [port 80]“, maka bukalah browser dan arahkan ke alamat http://localhost:8080/xampp. Jika berhasil maka Web Service Apache tersebut telah berjalan di port 8080.
Khusus bagi anda yang masih menggunakan Windows XP, XAMPP 7.3 ini tidak bisa dipakai. Alternatifnya silahkan download aplikasi XAMPP 1.8.2 (115 MB), yang berisi PHP versi 5.5.36.

DATABASE SERVER
Server basis data adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer (umumnya merupakan server) yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi-fungsi server basis data, dan beberapa SMBD (seperti halnya MySQL atau Microsoft SQL Server) sangat bergantung kepada model klien-server untuk mengakses basis datanya.
Ada banyak jenis Database Server, kita pilih satu yang terbaik saja, yaitu: MySQL 
Dalam proses programming DATABASE SERVER (MySQL) ini berada di sisi BACK-END. 

MySQL adalah singkatan “My Structured Query Language”. Program ini berjalan sebagai server menyediakan multi-user mengakses ke sejumlah database. multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB gratis, dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi ada juga MySQL yang berbayar.

Kelebihan MySQL
  • Free Stabil dan tangguh
  • Fleksibel dengan berbagai pemrograman
  • Security yang baik
  • Dukungan dari banyak komunitas
  • Kemudahan management database
  • Mendukung transaksi
  • Perkembangan software cukup cepat

Kekurangan MySQL
  • Kurang mendukung koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti VB, Delphi, dan Foxpro dikarenakan koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut.
  • Data yang ditangani belum begitu besar.
  • Lambat untuk query yang kompleks seperti LEFT JOIN yang banyak, dan penggunaan SubQuery.
  • Belum mendukung Windowing Function

Database Storage Engine ini banyak digunakan oleh programmer apalagi oleh web developer karena sifatnya yang free. Untuk yang expert sudah ada yang bayar. Kemampuannya sudah bisa diandalkan, mempunyai kapasitas yang cukup mumpuni sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai 5.000.000.000 bahkan untuk yang terbaru sudah lebih. Keamanan datanya cukup aman walaupun tidak sehebat Postgre apalagi Oracle. Engine ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan di berbagai sistem operasi. My Sql cocok diaplikasikan diaplikasi kelas kecil dan menengah. Kelebihan paling utama engine ini adalah kecepatannya.



Bila applikasi Ddatabase Server (My SQL) sudah ada di dalam XAMPP, maka My SQL ini tidak perlu lagi diinstall, atau bila sudah ada terinstall My SQL di komputer dan ingin menjalankan XAMPP, maka MySQL Server yang diinstall sebagai service ini harus dimatikan terlebih dahulu, baru MySQL versi XAMPP bisa dijalankan.













































Download, Install dan Setingan awal MySQL

.



















































Tutorial ini sudah diupdate untuk MySQL versi 8.0

Menginstall MySQL 8.0 Secara Stand Alone

Bagi anda yang sebelumnya pernah menggunakan MySQL, biasanya akan mendapati MySQL adalah bagian dari paket aplikasi AMP (Apache-MySQL-PHP). Aplikasi ini sering digunakan untuk mempelajari pemrograman web yang biasanya terdiri dari paket web server Apache, aplikasi database MySQL, dan bahasa pemrograman web  PHP . Aplikasi XAMPP  dan WampServer merupakan 2 diantara banyak aplikasi serupa yang sering digunakan di sistem operasi Windows.
Paket aplikasi bundle ini menawarkan kemudahan instalasi, karena kita tidak direpotkan dengan berbagai settingan agar ketiga aplikasi itu dapat berjalan. Jika pada komputer anda sudah terinstall aplikasi ini, silahkan dipakai, atau jika anda ingin menginstall MySQL menggunakan XAMPP, silahkan ikuti langkah-langkahnya pada tutorial cara menginstall XAMPP.
Pada tutorial MySQL kali ini saya akan memberikan langkah-langkah menginstall aplikasi MySQL secara sendiri (stand alone), langsung menggunakan file instalasi dari www.mysql.com. Dengan menginstall MySQL secara terpisah, kita dapat mempelajari secara lebih detail tentang settingan dan file-file aplikasi MySQL.



















































Jika dalam komputer anda sudah terinstall aplikasi MySQL lain (misalnya dari XAMPP) dan ingin untuk mengikuti proses instalasi dalam tutorial ini, maka wajib untuk mematikan service MySQL Server dari aplikasi tersebut.
Juga untuk kepentingan belajar, saya hanya memakai interface command prompt (DOS), dimana kita akan mengetik huruf per huruf  ketika mengoperasikan MySQL (bahasa query). GUI MySQL seperti PhpMyAdmin memang sangat praktis, namun kurang cocok untuk proses belajar database.

Download MySQL 8.0

MySQL yang akan kita gunakan adalah MySQL Community Server, yakni versi gratis dari MySQL. Versi lain, MySQL Enterprise Server adalah versi berbayar yang ditujukan untuk skala perusahaan dengan fitur database yang lebih advance.
Saat tutorial ini direvisi pada Desember 2018, versi stabil terakhir dari MySQL Community Server adalah versi 8.0.13. Aplikasi MySQL Community Server dapat di download di situs resmi MySQL:  http://dev.mysql.com/downloads/mysql/.
MySQL mendukung berbagai macam sistem operasi, namun karena sebagian besar kita menggunakan Windows, maka saya hanya menjelaskan tentang cara instalasi di Windows.
Setelah halaman resmi MySQL terbuka, silahkan scroll ke bawah. Pada tampilan bagian download MySQL, kita akan mendapati beberapa paket instalasi yang bisa dipilih.
Download MySQL 8.0
Pada menu Select Operating System, silahkan pilih sistem operasi yang diinginkan. Karena saya memakai Windows, pilihan Microsoft Windows sudah otomatis terpilih.
Installer MySQL terdiri dari 2 jenis, yakni file executable (exe) yang dinamakan Installer MSI, atau file ZIP. Agar lebih mudah, sebaiknya pilih file MSI karena file ini berisi versi MySQL yang dilengkapi wizard untuk memandu kita dalam proses instalasi dan pengaturan awal, sedangkan untuk versi ZIP merupakan aplikasi MySQL tanpa proses instalasi.
Setelah selesai, klik tombol: download untuk versi MSI.
Download MySQL 8.0 stand alone version
Berikutnya adalah halaman “Download MySQL Installer”. MySQL menyediakan 2 jenis file, yakni dengan ukuran kecil (sekitar 16 MB), atau yang berukuran besar (sekitar 313 MB). Versi ukuran kecil sebenarnya adalah versi online installer, yang akan mendownload seluruh file MySQL pada saat proses instalasi berlangsung dan kita harus online. Sedangkan yang berukuran besar adalah versi offline installer yang tidak perlu terkoneksi ke internet ketika proses instalasi.
Pada halaman “Begin your download”, MySQL akan menampilkan form login atau membuat akun di mysql.com. Jika berminat, silahkan isi form registrasi, namun jika tidak, lanjutkan dengan klik link “» No thanks, just start my download!”.
Tutorial Install MySQL - Abaikan form pendaftaran
Proses download akan berlangsung beberapa saat. Tergantung kecepatan internet, proses ini mungkin bisa memakan waktu beberapa menit, mengingat ukuran file MySQL yang cukup besar.

Proses Instalasi MySQL

Setelah proses download file MySQL selesai, kita akan mendapati file instalasi MySQL berupa: mysql-installer-community-8.0.13.0.msi. Kemungkinan versi yang anda download akan berbeda karena MySQL terus mengeluarkan versi terbaru, namun langkah-langkah instalasinya kurang lebih tetap sama.
File instalasi MySQL 8.0
Lanjutkan dengan double klik file mysql-installer-community-8.0.13.0.msi. Jika anda menggunakan Windows 7, 8 atau Windows 10, akan muncul beberapa kali jendela konfirmasi hak akses administrator, silahkan klik Yes.
Tutorial Cara Menginstall MySQL 5.6 - Tampilan awal proses install MySQL

Setelah proses persiapan install selesai, akan ada tampilan lisensi MySQL, sekilas anda akan melihat bahwa MySQL menggunakan lisensi GNU GENERAL PUBLIC LICENSE. Ceklist “I accept the terms in the License Agreement”, lalu klik tombol Next.
Pilih Custom pada saat instalasi MySQL 8.0
Pada jendela “Choosing a Setup Type”, terdapat beberapa pilihan tipe instalasi. Mulai dari untuk developer defaultserver onlyclient onlyfull hingga custom.
Karena kita akan menggunakan MySQL dalam tahap pengembangan program, mungkin pilihan “Developer Default” adalah yang paling pas. Namun opsi ini menginstall cukup banyak aplikasi, bisa sampai 10 komponen serta memakan ruang harddisk lebih dari 1GB. Yang kita perlukan saat ini hanyalah MySQL Server.
Akan tetapi, jika memilih Server Only kita tidak bisa mengubah folder instalasi MySQL. Oleh karena itu pilih Custom kemudian klik tombol Next.
Jendela pemilihan Product MySQL Server 8.0
Pada jendela “Select Products and Features” kita bisa memilih aplikasi dan fitur apa saja yang ingin diinstall. Dapat dilihat bahwa file instalasi MySQL membundel banyak komponen selain MySQL Server, seperti: Aplikasi admin untuk excel, visual studio, connector MySQL, dan juga file dokumentasi. Inilah yang membuat file installer MySQL begitu besar.
Silahkan klik tombol tanda tambah (+) paling atas (MySQL Server), sampai anda menemukan: MySQL Server 8.0.13 – X64. Pilih pilihan ini, lalu klik tombol panah hijau ditengah-tengah jendela untuk memindahkan dari jendela “Available Product” ke “Product/Features To Be Installed“.
Jika anda langsung klik tombol Next, maka program MySQL akan diinstall pada folder: C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 8.0, dan folder data di C:\ProgramData\MySQL\MySQL Server 8.0. Meskipun ini tidak masalah, tapi saya ingin mengubahnya ke folder lain supaya mudah diakses.

Caranya, klik pilihan MySQL Server 8.0.13 – X64 pada jendela sebelah kanan, kemudian di pojok kanan bawah akan muncul pilihan “Advanced Option“. Klik pilihan ini, dan akan keluar jendela baru untuk mengubah lokasi instalasi MySQL.
Pilih menu Advanced Options MySQL 8.0
Tukar folder lokasi instalasi MySQL 8.0

Terdapat 2 isian: Install Directory yang akan menjadi folder tempat file program MySQL. Dan Data Directory dimana file data seperti database dan tabel berada. Saya akan mengubah Install Directory ke C:\MySQL 8.0 dan Data Directory ke C:\MySQL 8.0\Data. Kedua folder ini tidak harus ada terlebih dahulu karena MySQL akan membuatnya secara otomatis. Akhiri dengan men-klik tombol OK, kemudian klik Next.
Mulai proses instalasi MySQL 8.0
Pada Jendela Installation ini, akan ditampilkan produk dan fitur apa saja yang ingin diinstal. Karena kita hanya memilih MySQL Server 8.0.13, maka hanya 1 produk ini yang akan diinstall. Silahkan klik tombol Execute untuk memulai Proses Instalasi MySQL Server.
Proses instalasi akan memakan waktu beberapa saat, dan ketika selesai, klik tombol Next beberapa kali hingga kita masuk ke bagian konfigurasi awal MySQL.

Konfigurasi Awal MySQL

Setelah proses instalasi, MySQL akan masuk ke menu konfigurasi, jendela pertama untuk proses konfigurasi ini adalah Group Replication.
Jendela pilihan Standalone MySQL Server 8.0
Pada jendela ini pilih “Standalone MySQL Server / Classic MySQL Replication” karena kita hanya akan menjalankan MySQL di satu komputer saja. Klik tombol Next.
Jendela license type and networking MySQL 8.0
Di jendela konfigurasi “Type and Networking” biarkan settingan default Development Computer dan port MySQL di 3306. Klik tombol Next.
Jendela Authentication Method MySQL 8.0
Pada jendela Authentication Method, biarkan pilihan default di “Use Strong Password Encryption for Authentication“, lalu klik tombol Next.
Jendela Account and Roles MySQL 8.0
Jendela berikutnya adalah Account and User Role. Pada bagian ini kita akan membuat password untuk user root dan jika diinginkan juga bisa membuat user lain.
Pada bagian atas, kita harus menginput password untuk user root. Root adalah user tertinggi di dalam MySQL, atau sering disebut juga dengan superuser. User root memiliki hak akses kepada semua tabel dan database, termasuk menghapus seluruh database yang ada. Karena kita menggunakan MySQL server ini di komputer sendiri dan hanya untuk proses belajar, silahkan input password yang mudah diingat, saya akan menggunakan password: “qwerty“.
Pada bagian bawah terdapat pilihan untuk menambah user lain selain root. Namun untuk saat ini kita tidak memerlukannya, dan kita akan mempelajari cara membuat user dari dalam MySQL nanti. Akhiri jendela ini dengan men-klik tombol Next.
Jendela Windows Service MySQL 8.0 (Matikan)
Jendela Windows Service MySQL 8.0 (Matikan) 2
Jendela berikutnya sangat penting, terutama jika anda berencana menginstall lebih dari 1 MySQL di dalam komputer (misalnya satu lagi dari XAMPP).
Jika checkbox “Configure MySQL Server as Windows Service” dipilih, MySQL akan diinstall sebagai “Windows Service”. Artinya, MySQL akan langsung aktif setiap Windows berjalan.
Ini bisa menjadi masalah jika anda ingin menjalankan MySQL dari sumber lain (seperti XAMPP). Karena MySQL tidak bisa berjalan bersamaan di satu komputer (jika menggunakan port yang sama). Oleh karena itu hapus pilihan “Configure MySQL Server as Windows Service”, lalu klik Next.
Jendela Apply Configuration Instalasi MySQL 8.0
Jendela terakhir adalah “Apply Configuration”. Disini seluruh setingan yang sudah kita pilih akan diterapkan. Klik tombol Execute.
Instalasi MySQL 8.0 Selesai
Setelah beberapa saat, seluruh konfigurasi sudah diterapkan. Klik tombol Finish.
Instalasi MySQL 8.0 Product Configuration
Di jendela Product Configuration tidak ada pengaturan yang harus kita pilih, langsung saja klik tombol Next.
Instalasi MySQL 8.0 Selesai
Proses instalasi MySQL Server sudah selesai.

Menguji Instalasi MySQL

Setelah menginstall MySQL di atas, MySQL Server 8.0 secara otomatis juga telah berjalan di latar belakang. Kita akan mencoba mengakses MySQL Server ini.
Untuk menguji apakah MySQL sudah terinstall dengan sempurna, kita akan coba mengakses MySQL Command Line Client dari menu Start –> MySQL –> MySQL 8.0 Command Line Client.
MySQL 8.0 Command Line
Pada jendela DOS yang terbuka, masukkan password untuk user root yang telah kita buat tadi, dalam tutorial ini saya memberikan password “qwerty”, lalu tekan Enter. Jika tampilan “Welcome to the MySQL monitor” sudah muncul, berarti instalasi MySQL kita berjalan dengan sukses. Untuk uji coba perintah MySQL, ketik perintah SHOW DATABASES; (akhiri dengan tanda titik koma) lalu tekan Enter:
Uji coba menjalankan MySQL 8.0
Siip, proses instalasi MySQL sudah selesai dan siap digunakan.

Setelah berhasil menginstall MySQL dan menjalankannya untuk pertama kali, kita sudah dapat langsung mencoba MySQL pada Tutorial Belajar MySQL : Dasar Penulisan Query MySQL .

Cara Menjalankan MySQL Server (Windows Service)


Jika anda mengikuti cara install MySQL pada Tutorial Belajar MySQL: Download, Install dan Setingan awal MySQL, maka MySQL Server tidak akan berjalan sebagai Windows Service. Kita harus dijalankan MySQL Server secara manual setiap kali kita ingin menggunakan MySQL.
Dalam tutorial kali ini kita akan membahas cara menjalankan MySQL server secara manual, maupun menginstallnya kembali sebagai Windows Service.

Arsitektur Client-Server pada MySQL

Seperti yang pernah disinggung pada Tutorial Belajar MySQL: Pengertian Database, Database Model dan RDBMS, MySQL dalam operasionalnya menggunakan arsitektur client-server. Salah satu komputer bertindak sebagai Server (tempat seluruh database MySQL disimpan), dan komputer lainnya sebagai Client yang akan mengakses database dalam komputer server tersebut. Jumlah Client yang mengakses server bisa 1 komputer, 100, atau bahkan 1000 komputer pada saat bersamaan.
Dalam tutorial MySQL di duniailkom ini kita akan menjalankan kedua proses ini dalam satu komputer saja, sehingga di dalam komputer yang sama akan terdapat MySQL Server, sekaligus MySQL client.
MySQL Client-Server Arsitektur
Dalam Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server ini kita akan mempelajari cara menjalankan MySQL Server. Untuk menjalankan MySQL Client, akan kita pelajari di dalam tutorial berikutnya.

Memeriksa MySQL Server

Jika anda mengikuti tutorial menginstall MySQL di duniailkom tanpa shutdown komputer, maka MySQL Server masih berjalan.
Untuk mengetahui apakah MySQL Server telah berjalan atau tidak, kita bisa mencoba mengaksesnya menggunakan MySQL Command Line Client. Aplikasi ini dapat diakses dari menu Start –> MySQL –> MySQL 8.0 Command Line Client.
Akan tampil jendela cmd windows untuk meminta password root. Apabila setelah diinput jendela langsung tertutup, berarti MySQL Server belum berjalan.
Atau cara lain adalah dari Task Manager. Buka Task Manager dengan menekan kombinasi Alt + Crtl + Del, lalu pilih tab Details (untuk Windows 10). Dari daftar yang ada cari apakah mysqld.exe ada atau tidak. Jika ada, berarti MySQL Server sudah berjalan. Jika tidak, berarti MySQL Server belum berjalan.
Memeriksa MySQL Server dari Task Manager

Menjalankan MySQL Server Secara Manual (mysqld.exe)

Jika dari tampilan Task Manager tidak ditemukan mysqld.exe, artinya MySQL Server belum berjalan.
Untuk menjalankan MySQL Server secara manual, kita harus mengakses file mysqld.exe yang berada di dalam folder bin pada instalasi MySQL. Mysqld.exe akan diakses menggunakan aplikasi command prompt atau biasa disebut cmd Windows. Karena folder instalasi MySQL kita ubah menjadi C:\MySQL 8.0, maka lokasi mysqld.exe berada di di “C:\MySQL 8.0\bin\mysqld.exe”.
Buka CMD Windows dengan cara klik menu Start –> All programs –> Accessories –> Command Prompt . Atau dari Start –> run –> ketik “cmd”, lalu OK.
Tampilan Command prompt berupa layar hitam dan default path nya untuk Windows 10 adalah “C:\User\<nama user>”. Hal ini menandakan bahwa folder aktif sekarang berada di “C:\Users\<nama user>”. Kita harus mengubahnya ke “C:\MySQL 8.0\bin”. Caranya, ketik “cd C:\MySQL 8.0\bin” pada command prompt lalu tekan Enter.
Pindah ke folder MySQL 8.0 dengan cmd Windows
Dengan folder aktif DOS sekarang pada C:\MySQL 8.0\bin, ketikkan:
1
mysqld --defaults-file="C:\MySQL 8.0\Data\my.ini"
Perintah diatas akan menjalankan mysqld dengan tambahan baris perintah –defaults-file=”C:\MySQL 8.0\Data\my.ini”. Perintah –defaults-file digunakan untuk memberitahu MySQL Server bahwa lokasi file setting my.ini berada di C:\MySQL 8.0\Data\my.ini.
Materi tentang file my.ini telah kita bahas pada tutorial sebelumnya: Folder Instalasi MySQL dan my.ini.
Menjalankan mysql.exe (MySQL Server)
Jika tampilan DOS seolah2 berhenti, maka MySQL Server seharusnya sudah berjalan.
Mari kita periksa, buka Task Manager dengan menekan kombinasi Alt + Crtl + Del, lalu pilih tab Details (untuk Windows 10). Dari daftar yang ada cari apakah mysqld.exe ada atau tidak. Jika ada, berarti MySQL Server sudah berjalan.
Memeriksa MySQL Server dari Task Manager
Jendela DOS ini harus tetap terbuka, karena jika ditutup mysqld akan otomatis berhenti.
Untuk mencobanya, silahkan jalankan kembali MySQL Command Line Client, dan masukkan password root. Jika sukses, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
Jalankan MySQL Client
Menghentikan MySQL Server secara manual (mysqld.exe)
Untuk menghentikan MySQL server bisa dengan menutup jendela cmd sebelumnya. Atau cara lain adalah dari Task Manager
Buka tab Details di Task Manager, lalu cari mysqld.exe. Klik mysqld.exe ini lalu tekan tombol Delete di keyboard atau klik kanan dan pilih End Task.
Pilih mysqld.exe lalu pilih End Task
Akan tampil jendela konfirmasi “Do you want to end mysqld.exe?” pilih End process untuk mematikan MySQL Server.

Konfirmasi mematikan mysqld.exe


Menjalankan MySQL Server sebagai Windows Service

Windows menyediakan mekanisme “service” untuk aplikasi-aplikasi yang langsung berjalan secara otomatis ketika windows booting. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak perlu untuk menjalankan MySQL Server secara manual terus menerus. Aplikasi yang diinstall sebagai “service” ini menggunakan sebagian memory komputer pada latar belakang (background), selama komputer hidup.
Salah satu alasan untuk terus menjalankan MySQL Server sebagai service adalah jika komputer ini akan dipakai sebagai server yang sebenarnya (misalnya untuk keperluan perusahaan).
Jika anda mengikuti tutorial menginstall MySQL di duniailkom, maka MySQL belum berjalan sebagai service, jadi bagaimana jika kita ingin menjalankan MySQL Server sebagai Windows Service? kita akan bahas sesaat lagi.
Peringatan: Berdasarkan pengalaman saya, menjalankan MySQL Server sebagai service sering menjadi masalah. Banyak yang komplain kenapa ketika menginstall XAMPP (pada saat mulai mempelajari bahasa PHP), MySQL Servernya tidak bisa jalan. Ini disebabkan karena di satu komputer hanya bisa ada 1 MySQL Server yang aktif pada satu waktu.
Jadi MySQL Server yang diinstall sebagai service ini harus dimatikan terlebih dahulu, baru MySQL versi XAMPP bisa dijalankan.

Menginstall MySQL Server sebagai Service

Untuk membuat MySQL Server berjalan sebagai service, buka kembali menu MySQL di Start Menu, lalu pilih MySQL Installer – Community.
Menu MySQL Installer Community
Akan terbuka jendela MySQL Installer seperti berikut:
Cara rekonfigurasi MySQL Server
Silahkan klik pilihan Reconfigure untuk mengubah setingan MySQL Server.
Dari jendela yang tampil, terlihat bahwa ini adalah jendela yang sama sewaktu kita menginstal MySQL sebelumnya. Pada jendela pertama ini kita bisa mengubah setingan terkait Type Instalasi dan Jaringan. Saya tidak akan mengubah setingan ini, dan silahkan klik Next.
Input kembali password root
Pada jendela Accounts and Roles, kita akan diminta untuk memasukkan password root. Password ini harus sama dengan password saat instalasi sebelumnya (jika anda belum mengubahnya). Sama seperti saat menginstall, saya menggunakan “qwerty” sebagai password root, kemudian klik tombol check. Jika password sesuai, silahkan lanjut dengan men-klik tombol Next.
Pilih untuk aktifkan windows service
Dan, pada jendela Windows Service inilah kita bisa memilih untuk mengaktifkan MySQL Server sebagai service. Anda juga bisa memilih kotak checklist “Start the MySQL Server at System Startup” agar MySQL server langsung berjalan pada saat komputer hidup. Perhatikan bahwa kita menggunakan MYSQL80 sebagai nama service.
Lanjutkan dengan klik tombol Next.
Terapkan pilihan rekonfigurasi
Pada Jendela Apply Configuration, klik tombol Execute untuk menerapkan konfigurasi. Jika semua berjalan normal, MySQL akan menampilkan jendela akhir, kemudian klik Finish, lalu tutup jendela MySQL Installer.
Proses instalasi MySQL Server sebagai service selesai.

Memeriksa Windows Service untuk MySQL Server

Untuk memastikan bahwa MySQL Server telah berjalan sebagai Windows Service, kita akan menggunakan aplikasi Component Services bawaan Windows. Ketik di kolom search di sebelah Start Menu: “Component Services
Component Services
Setelah jendela Component Services terbuka, pada menu kiri, pilih Services (Local), cari MySQL80 pada jendela tengah tampilan ini. Jika ditemui MySQL80 berarti service MySQL Server telah terinstall.
Jendela Component Services di Windows 10 untuk menghapus MySQL Service
Pada menu di tengah, terdapat 3 tombol: Stop the Service, Pause the service, dan Restart the service. Ketiga tombol ini bisa digunakan untuk menghentikan, menghentikan sesaat (pause), atau menjalankan ulang (restart) service MySQL.
Untuk menguji coba MySQL Server, silahkan lakukan cek melalui MySQL Command Line Client.

Jalankan MySQL Client


Menghapus Windows Service MySQL Server

Untuk menghapus “service” MySQL Server, kita menggunakan cara yang sama dengan menginstall “service”, yakni akses kembali file MySQL Installer – Community. Bedanya, kali ini kita menghapus checklist pada jendela Windows Service.
Setelah menghapusnya, Klik tombol Next dan Execute. Kemudian silahkan restart komputer dan Windows tidak akan menjalankan MySQL Server sebagai windows service lagi.
Jendela Windows Service MySQL 8.0 (Matikan) 2


ALAT BANTU TAMBAHAN (PLUGIN/EXTENTION/ADD ON)
Untuk mempercepat dan mempermudah pembuatan web rancangan sendiri, maka tambahkan plugin untuk tools yang digunakan seperti plugin untuk code editor adalah :
1. SYNTAX HIGHLIGHTING 
    adalah plugin untuk memberi warna berubah ubah pada lembar kerja code editor.
2. LINTER
    adalah plugin untuk membantu mengecek kesalahan pengetikkan pada lembar kerja code editor.
3. CODE SNIPPET
    adalah plugin untuk membantu menuliskan baris program pada lembar kerja code editor.

Applikasi plugin untuk Code Editor ini dapat didownload dari alamat link dibawah ini:
- https://www.marketplace.visualstudio.com/
- https://www.code.visualstudio.com/
- https://www.notepad-plus-plus.org/
- https://www.sublimetext.com/3

PENGGUNAAN FRAME-WORK ATAU LIBRARY
FRAME WORK atau LIBRARY digunakan dalam pembuatan web, jika dibutuhkan saja.
Applikasi FRAME WORK atau LIBRARY ini dapat didownload dari alamat link dibawah ini: 
Untuk PHP
- https://www.codelgniter.com/
- https://www.laravel.com/
- https://www.symfony.com/
Untuk JAVASCRIPT
- https://www.angular.io/
- https://www.reactjs.org/
- https://www.vuejs.org/
Untuk HTML-CSS
- https://www.getbootstrap.com/
- https://www.foundation.zurb.com/
- https://www.bulma.io/
- https://www.materialzecss.com/

BAHASA PEMOGRAMAN
Dalam proses programming, applikasi  BAHASA PEMOGRAMAN (seperti HTML-CSS, JAVA SCRIPT, PHP, dll) ini berada di sisi FRONT-END. 

KONSEP WEB PROGRAMMING 
Pemograman Web dikonsepkan dalam 4 bagian besar, yaitu: Konsep CLIENT-SERVER, PROGRAMMING LANGUAGE, DESIGN PRACTICE, dan konsep DEVELOPMENT TOOLS.


KEUNGGULAN PROGRAMMING WEB DALAM FILOSOFI PMD

Perkembangannya lebih lanjut:


INTEGRATED DEVELOPMENT ENVIRONMENT (IDE)
Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian
IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.
Sebuah IDE, atau secara bebas dapat diterjemahkan sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu, setidaknya memiliki fasilitas:

  • Editor, yaitu fasilitas untuk menuliskan kode sumber dari perangkat lunak.
  • Compiler, yaitu fasilitas untuk mengecek sintaks dari kode sumber kemudian mengubah dalam bentuk binari yang sesuai dengan bahasa mesin.
  • Linker, yaitu fasilitas untuk menyatukan data binari yang beberapa kode sumber yang dihasilkan compiler sehingga data-data binari tersebut menjadi satu kesatuan dan menjadi suatu program komputer yang siap dieksekusi.
  • Debuger, yaitu fasilitas untuk mengetes jalannya program, untuk mencari bug/kesalahan yang terdapat dalam program.
  • Frame/Views, fasilitias yang satu ini berguna untuk menujukan atau menampilkan hasil dari perintah-perintah kode program yang dieksekusikan oleh Compiler dari Editor.
  • Editor, fasilitas ini gunanya untuk menuliskan kode atau fungsi-fungsi yang dapat diterjemahkan oleh mesin komputer sebagai kode programming.
  • Compiler, gunanya untuk menjalankan bentuk kode program yang di tuliskan di Editor dan mengubah dalam bentuk binary yang kemudian ditampilkan sesuai perintah-perintah kode mesin.
  • Debuger, gunanya untuk mengecek dan mengetes jalannya kode program untuk mencari/mendebug kesalahan dari program.
  • Frame/Views, fasilitias ini gunanya untuk menujukan atau menampilkan hasil dari perintah-perintah kode program yang dieksekusikan oleh Compiler dari Editor.
Sampai tahap tertentu IDE modern dapat membantu memberikan saran yang mempercepat penulisan. Pada saat penulisan kode, IDE juga dapat menunjukan bagian-bagian yang jelas mengandung kesalahan atau keraguan.
IDE singkatan dari Integrated Development Environment merupakan program komputer sebagai lingkungan pengembangan aplikasi atau program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Menjadi seorang programmer diharuskan untuk mengetahui berbagai IDE untuk pembangunan perangkat lunak.
Nah, buat anda keluarga besar Telkom University yang belajar programming disarankan untuk mengetahui berbagai teknologi IDE yang muncul di masa kini.
Biasanya sebuah IDE, atau secara bebas dapat diterjemahkan sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu, setidaknya memiliki fasilitas:
Ada beberapa IDE atau Lingkungan Pengembangan Terpadu yang saat ini sangat populer dan sangat mendukung developer untuk mengembangkan perangkat lunak untuk beberapa platform (iOs Apps, Android Apps, Desktop Apps, Web Apps). Namun, tidak semua IDE di atas mendukung semua platform yang disebut.
Berikut beberapa IDE yang lagi-lagi digunakan oleh Developer
Program komputer yang memakai teknologi IDE ini adalah seperti:
  1. Netbeans IDE
      2. Intelijs IDE
            3. Reactjs

            4. Nodejs, 
      dan masih banyak lagi Program lainnya adalah seperti Microsoft Visual Studio, Phycharm, Eclipse, Code:: Blocks, Aptana Studio 3, CodeLite, XCode, Komodo.

      NetBeans IDE
      NetBeans IDE Merupakan suatu lingkungan pengembangan terpadu untuk perangkat lunak yang memiliki beberapa bahasa pemrograman yang dapat didukung dari beberapa platform seperti Desktop Apps, Web App. Namun, IDE ini belum memiliki atau didukung oleh iOs Platform dan Androidpada versi windows. Biasanya programmer develop aplikasi untuk setiap platform secara terpisa. Maksudnya, tidak dapat diintegrasikan ke-3 platform yang disebut di atas.

      Intelljs IDE
      Intelljs IDE, sama definisinya dengan Netbeans yang didukung oleh Android Platform, Desktop, Web. IDE ini mampu mengintegrasikan 3 platform yang didukungnya dalam satu pengembangan suatu perangkat lunak.

      React.js
      React.js, Teknologi ini sudah memiliki kemampuan yang dapat didukung oleh ke-4 platform yaitu iOs platform, Android platform, Desktop, dan Web platform. React.js mampu mengintegrasikan 4 platform ini dalam sekali pengembangan dan dapat menggunakan satu Database server oleh ke-4 platform tersebut. Bagaimana bisa menggunakan satu server database? Sedangkan Android Platform dan iOs Platform tidak dapat menggunakan Database Server. Untuk anda Developer, saya sarankan untuk menggali lebih mengenai IDE ini, agar lebih fleksibel membangun sebuah perangkat lunak dengan menggunakan React.js ini. Ada sedikit clue tetang bagaimana ke-4  platform yang dapat diintegrasikan dalam mengakses satu server database. Bayangkan, Android dapat mengakses database dari Web Apps melalui JSON, Web Platform dan Desktop Platform dapat menggunakan satu database server, sedangkan iOS? Nah, lebih jelasnya silahkan cari tahu lebih banyak.

      Node.js
      Node.js merupakan suatu platform berbasis WEB yang dapat mendukung React.js untuk mengintegrasikan ke-4 platform yang disebut pada React.js. platform ini berfungsi untuk mengembangakan web service sebagai Back End dari Reack.js agar dapat memfasilitasi ke-4 platform untuk mengakses satu server database.

      Adapun applikasi atau software yang sudah jadi dengan menggunakan pemograman IDE ini adalah seperti: IDE Android Studio (untuk HP Smartphone), dan Arduino IDE (untuk komputer).

      Komentar

      Postingan populer dari blog ini

      Cara Download Aplikasi (.apk) Playstore Berbayar Jadi Gratis

        Langsung ke isi Menu Alutekno  »  Android  »  Cara Download Aplikasi (.apk) Playstore Berbayar Jadi Gratis Cara Download Aplikasi (.apk) Playstore Berbayar Jadi Gratis Download Aplikasi (Apk) Berbayar jadi Gratis di Playstore  – Pengguna smartphone Android semakin tahun semakin berkembang pesat begitu juga jumlah aplikasi yang telah di publish di playstore semakin meningkat pula. ADVERTISEMENT Daftar Isi Cara Download Aplikasi Playstore Berbayar Jadi Gratis 1. Download Aplikasi Blackmart Alpha 2. Menggunakan Lucky Patcher 3. Mencari File .apk Berbayar dari Situs File Sharing ADVERTISEMENT Aplikasi yang ada di playstore terbagi menjadi dua kategory yaitu yang gratis dan berbayar, aplikasi gratis biasanya terdapat iklan di dalamnya sehingga developer bisa mendapatkan uang untuk mengembangkan aplikasi yang telah di buatnya. Sedangkan Aplikasi berbayar atau premium biasanya tidak terdapat iklan dan mempunyai fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi gratis. Dengan pertimbanga

      Cara Membuat Form Login Menggunakan HTML&CSS

        Upgrade Responses (2) Sukma Riadi Pakpahan What are your thoughts?  Cancel Respond Agustinus Giri Hartono 3 months ago Aku dah coba, tapi bagian bawah kotak login masih putih. Bagaimana supaya background sama dengan gradasi hijau? di >> body { background: -webkit-linear-gradient(bottom, #2dbd6e, #a6f77b); background-repeat: no-repeat; } 1 1 Arif Firmansyah 3 months ago terima kasih banyak boss cara menjelaskan sangat detail banget….saya berhasil membuat halaman login yang di jelaskan tadi, saya ingin penjelasannya lagi bagaimana cara masuk ke login dan membuat halaman baru karena saya masih pemula Welcome back. You are signed in as  srpakpahansst@gmail.com .  Not you? Tutorial Mendesain Form Login Menggunakan HTML&CSS Kimiyuki Yukawa Follow Mar 25, 2019  · 9 min read Tentu kita tidak asing lagi dengan istilah  login  dalam dunia  website . Halaman  login  sendiri dibuat untuk memberikan akses kepada  user  agar bisa menikmati fitur/layanan pada  website  tersebut yang bias

      PANDUAN CARA INSTALL WORDPRESS DI PC LOCALHOST [OFFLINE]

      READY..! START BLOGGING WITH WORDPRESS..? Trending: 15+ Tema WordPress untuk... 15 Sumber Backlink Grati... Jual Tema WordPress Prem... Panduan Lengkap Cara Men... 5 Tema WordPress Terbaik... ALL ABOUT All About WORDPRESS Tutorial DESIGN All About THEMES Download LINUX Tutorial FOREX Forex DEALS Must See HOW TO START A BLOG? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit Home  »  CMS  »  Panduan Cara Install WordPress di PC Localhost [Offline] PANDUAN CARA INSTALL WORDPRESS DI PC LOCALHOST [OFFLINE] Centerklik  |  CMS ,  WordPress Panduan Cara Install WordPress di PC Localhost [Offline]  – Jika Anda ingin memiliki blog gratis bisa membuat blog pada layanan gratis seperti blogger atau  membuat blog di WordPress.com . Keduanya memang gratis baik dari penggunaan domain maupun hosting, tapi tentunya sesuatu yang gratis tidak akan pernah di beri akses penuh dan masih banyak batasan, Dengan menggunakan WordPress gratis di WordPress.c